Rabu, 14 September 2011

Rakernas.......... 24/7.....

                Hmmm...Rakernas BEM SI...Rapat Kerja Nasional Badan eksekutif Seluruh Indonesia...rapat apaan ini?!? Pikirku... keren sih...asik...ketemu ma orang” yang wawasannya luas...hho...bertempat di UPI Bandung 24-28 Juli 2011...

 
                Perjalanan dari kosan naik taxi...ciieeee....gaya....*bawa lepi soalnya...hhe...berangkat jam 5 sore, nyampe jam 6 sore...hmmm...lama juga ya....tapi gag apa lah...dinikmatin aja...toh juga acaranya bakal keren...hhe...
                Sampe di UPI untuk check in...kamar pertama di lantai dasar...kebetulan satu kamar dengan kak Ira dari Unversitas Mataram dan kak Asfa dari IPB...yang aku cari dan selalu ada dalam pikiranku adalah “mencari anak-anak dari jatim, khususnya jatim”...tujuan sampinganku itu sih...cari kenalan, eh sapa tau ntar waktu di Malang aku bisa ajak ketemuan + sharing...gag ada ruginya kan?!? Itu tujuannya...gag lebih! Tapi alhasil...tanggal 24 aku masih belum bertemu dengan mereka...apa mereka gag ikut ya?!? Pikira itu yang selalu dan selalu muncul...tanggal itu, mendengarkan sidang tatib yang sangat ricuh...haaadeehhh...
                Tanggal 25...aku dengar kalau rombongan wilayah jatim udah dateng...udah check in...termasuk Malang...tapi lagi-lagi aku tidak menemuinya...aku tetap lurus mengikuti acara ini...yang terdiri dari Seminar “Pendidikan Pancasila sebagai Pembentuk Karakter Bangsa”. Disini bapak Agun Gunanjar Sudarsa yang juga merupakan ketua Golkar MPR-RI menjelaskan bahwa pendidikan pancasila yang merupakan ideologi bangsa dan negara sangat dibutuhkan dalam pembentukkan moral yang cerdas setiap warga negara Indonesia. Setelah itu dilanjut seminar “Pendidikan Karakter dan Gerakan Mahasiswa dalam Mengatasi Permasalahan Pendidikan Nasional”...Pembicara mamat Supriatna yang juga selaku Guru Besar UPI menjelaskan bahwa bagaimana kita melihat pendidikan itu dari cara pandang realita dan idealita yang dapat mendasari kami selaku mahasiswa melakukan pergerakkan....capek banget...ngantuk...hahahha...apalagi tidurnya pagi gara-gara bahas tatib yang gag jelas...wkwkwkwkkwk...habis ishoma, dilanjut Seminar “Memberantas Korupsi sebagai Musuh Bersama”. Disini ada lima pembicara diantaranya Donald Faris dari ICW, Rizal Ramli selaku DPR-RI *pro Mahasiswa...hahaha... Bibit Samat Riyanto dari KPK,  dari Kejaksaan Agung dan POLRI yang kebetulan saia lupa namanya...*lha udah ngantuk hayooo...hahahaha...weeekkk... disini intinya mereka membahas korupsi...*ya iyalah...hha...intinya mengapa korupsi di Indonesia semakin mengakar dan susah diberantas...dari sini diharapkan setelah kita mengetahui duduk permasalahannya, Mahasiswa bisa ikut mengawasi...hho...keren...hha... setelah seminar itu, kami lanjutkan pembukaan rakernas serta pemilihan presidium di malam harinya...disini entah kenapa, saia udah gag nyari peserta dari Malang...hha...interupsi, interupsi dan interupsi akhirnya terpilih presidium 1 dari UGM, presidium 2 dari UNPAD, dan presidium 3 yang paling ngocol dari Padang Sidumpuan...dan malamnya dapet kabar kamar cewek pindah ke lantai 4...buset dah....wkwkwkkwkwk....
                Tanggal 26...sebelum lanjut rakernas, kita melakukan forum diskusi...yaitu “Mencari Format Baru Gerakan Mahasiswa Pasca Reformasi 1998”...forum diskusi pertama oleh bapak M. Fadjroel Rachman dengan tema “Quo Vadis Gerakan Mahasiswa Indonesia?”...disini beliau menjelaskan mengapa mahasiswa harus bergerak...wow, amazing! Hahahha...  setelah itu lanjut rakernas lagi...hmmmm, jujur ya....bosen banget...hhi...malamnya, setelah makan...jalan berdua aja ma kak Asfa...yaaa...gaya mahasiswa labil...wkwkwkwk...lha...katanya jam 19.30, tapi panitia belum siap...alhasil aku ma dia nunggu...tak lama kemudian, kak Asfa di datengin mentrinya...yaaa, dikacangin deh...ya udah, nunggu diem di deket pintu kayak orang hilang...tiba-tba...melihat jas almamater bertuliskan “Politeknik Negeri Malang”...dan spontanitas...
                “kak...dari Malang ya??” saia tanpa ada rasa malu...
                “Iya...kenapa??” dia menjawab dengan ramah juga ternyata...hehe...
                “Gpp...saia juga dari Malang...dari kemarin cari anak dari Malang...hhe...” aku blak-blakkan tanpa ada rasa malu...
                “Owh...Malang mana?” dia tanya dengan wajah yang friendly.
                “Singosari...” jawabku...
                “Oia boleh kenalan?” dia mengulurkan tangannya
                “Oh iya...aku Ditya...Aditya Wardhani”
                “Ramadhan” dia tiba-tiba menyahut...
                Ngobrol tentang Malang dan ketahuan...dia bukan asli Malang...dan dia asli Samarinda...tapi lho...gag kelihatan...lancar bahasa jawa soalnya...wkwkwkkwkwk...
                “Boleh minta nomer hapenya?” dia...
                “Oia boleh...” aku memberi nomer hapeku...trus dia missed call...setelah itu, kami masuk ruang rapat...
                Enak-enak ndengerin rapat, ada sms...klingklung...
                “Dit...bisa minta tolong gag? Artikan bla bla bla *lupa soalnya...hha...dalam bahasa sunda” from Ramadhan...
                Hmmm...entah kenepa itu sms keterusan...sampai akhirnya aku cabut dulu dari rakernas coz udah malem...hehehe...
                Tanggal 27... pagi hari yang cerah dan melelahkan...bangun pagi dan sarapan...entah kenapa, makanan itu gag bisa masuk ke perutku lagi...hmmm...nunggu kopi sambil bengong...semua cewek-ceweknya udah berangkat duluan ke gedung pertemuan...tinggal aku yang menanti secangkir kopi...hho...takut kayak kemarin...ngantuk berat...hha...selama nunggu kopi itu, tinggal kakak-kakak yang cowok-cowok aja...ya udah deh...kenalan...alhasil saia cewek sendiri...hhe...sekalian juga sih...nunggu si Adhan...hhi...
                Berangkat ke balai pertemuan ma dia...ngobrol dll...tiba disana, langsung rakernas dimulai...dibagi 4 komisi...komisi 1 meliputi pendidikan, kesehatan, lingkungan dan budaya...komisi 2 meliputi korupsi, reformasi birokrasi dan hankam...komisi 3 meliputi ekonomi, pangan dan energi...komisi 4 meliputi internal BEM SI...kebetulan disini aku ngambil komisi 3...soalnya saia sudah mempunyai gambaran sedikit tentang ekonomi dan pangan...kalau ekonomi dari Ayah...kalau pangan, aku kebetulan pernah obsrvasi di balai penelitian pangan Kabupaten Malang...dan dia...ada di komisi 2...hho...
                Di komisi 3 sendiri, dibagi menjadi sub komisi...komisi ekonomi, pangan dan energi...dan kebetulan aku memilih sub komisi pangan...disini melakukan diskusi samaanak IPB...presmanya...kak Reza...keren banget...andaikan dosenku seperti dia...pemaparannya gag ribet..langsung ke poinnya dan jelas...wew! hho...oia, saia notulennya lhooo...hha...dan yang bikin slide buat presentasi juga...hihihi...*bangga...setelah sholat Dhuhur, semua sub komisi berkumpul dan melakukan pembahasan satu per satu...dari situ dapat disimpulkan bahwa PEMERINTAH GAGAL DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN RAKYAT...*upz...sori...capslocknya gag bisa berhenti...weeekkkk...hmmm...pemerintah disini bukan hanya gagal di pak SBY dan pak Boediono...tapi juga di semua elemen pemerintahan... pembahasan selesai dan balik lagi ke penginapan...tiba-tiiba... klingklung...
                “dit, bareng ke dorm yuukkk...” dia...
                “oke..” aku...
                Dalam perjalanan kami ngobrol...dan sampai akhirnya janjian buat makan malam bareng...waktu makan malam, emang keliatan banget, cuma aku ma dia berdua...enak ngobrol gitu...tiba-tiba mas Chandra, presidium 1 dari UGM heboh...trus kakak yang dari Medan itu juga heboh....bikin banyak yang keluar kamar...dan alhasil heboh...tapi kami cuek...tetep cerita-cerita dan makan...hehe...selama ngobrol, banyak yang kami sharingkan...dan entah kenapa, kok nyambung ya...hho...waktunya berangkat ke balai pertemuan...aku bareng lagi ma dia...sama Fitrah ma mas abay dari UTM (Universitas Trunojoyo Madura)...di BPU, entah kenapa, dia duduk di deketku...terus sampai jam 4...hhe...dan hasil hari itu disimpulkan dengan mengeluarkan deklarasi siliwangi...balik ke dorm juga bareng...hmmm...melelahkan...sekaligus menyenangkan...
                Tanggal 28...hari terakhir kami...kok cepet ya?!? Hmmm..hari itu kami gag bersama lagi...karena sibuk dengan aktifitas masing-masing...eits, tapi jangan salah...setelah deklarasi yang diliput berbagai media, kami melakukan field trip...nah disitu, kami memanfaatkan dengan baik...hehehhe...
                Field trip pertama ke Tangkuban Perahu...asik sih perjalanan, tapi sayang, ditengah jalan busnya cewek mogok...hha...akhirnya salah satu busnya cowok menjemput kami...hehehe...di tangkuban perahu, kami habiskan waktu dengan ngobrol, jalan bareng dan foto”...pokoknya puas-puasin deh...hehehehe...dan disitu ada sedikit kejujuran satu sama lain...kita baru kenal, tapi kenapa kayak udah kenal lama....hmmmm, aku juga gag tau...hehehehe....perjalanan selanjutnya ke ciwalk...disini, ditempat ini...kita ngobrol sebelum pergi ke tempat masing-masing...gag banyak sih...2 jam, waktu yang singkat menurutku...jalan, sholat bareng, makan di Mc D, dan nemenin dia belanja oleh-oleh...tiba di base camp, kami udah pisah...sibuk dengan barang masing-masing...taxi pesananku dateng, aku bingung cari dia...dimana gitu?!? Aku mau pamit...
                “udah mbak...buruan...taxinya udah datang...” kata salah satu panitia...
                “bentar mbak...saia mau pamit temen saia...ini di telp gag tau dia dimana” aku mulai panik...aku sempat naik, tapi berat hati...dan akhirnya aku turun lagi...telpon akhirnya dia angkat...dia nyamperin dan aku juga nyamperin...kita salaman...salaman moga bisa ketemu lagi di Malang...jujur, waktu salaman kok rasanya berat banget ya...rasanya aku pingin ikut ke Malang..hmmm...
“Hati-hati ya dhan...sampai ketemu lagi...” aku...
“Oke...kamu klo udah di malang sms aku ya...” dia...
“Insya Allah...” aku...dan...ditengah perjalanan pulang...klingklung...sms datang...
“ada yang lupa...thanks ya buat 3 hari ini... J” dia...
“iya...makasi juga ya...hati-hati dijalan...kalau udah sampe Malang sms...” aku...
“Oke...makasi...” dia....
Hmmm...cerita tentang rakernas...entah kenapa, rasanya belum sebulan tapi serasa lama banget...jujur, aku kangen rakernas...bukan berarti di rakernas ada dia...aku kangen presidium-presidium yang kocak, kangen rapat mpe pagi, kangen ngaret waktu rapat, kangen ngobrol ma kakak-kakak dari universitas lain...sharing ma mereka....gag kerasa 5 hari berlalu begitu cepat...satu kata buat rakernas.... AMAZING! Hehehehehehehe.... :D


Aditya Wardhani
Bandung, 24-28 Juli 2011 @ UPI Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar