Senin, 08 November 2010

PCE-10-07_RAM (Random Access Memory)

Pada blog saya kali ini, saya mencoba menjelaskan sedikit tentang RAM.
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory yang berarti penyimpanan sementara untuk data dan program yang sedang diakses oleh CPU. RAM adalah memori volatile, yang berarti bahwa isinya akan terhapus saat komputer dimatikan. Semakin banyak RAM di komputer, semakin banyak komputer memiliki kapasitas untuk menampung dan memproses program dan file yang besar, serta meningkatkan kinerja sistem.
Berikut ini saya mencoba menjelaskan cara kerja RAM



Pada saat kita menyalakan komputer, device yang pertama kali bekerja adalah Processor. Processor berfungsi sebagai pengolah data dan meminta data dari storage, yaitu Hard Disk (HDD). Artinya data tersebut dikirim dari Hard Disk setelah ada permintaan dari Processor. Tapi hal itu sangat sulit karena prosesor sendiri memiliki kecepatan tinggi dalam memproses data. Sedangkan HDD sebagian teknologinya merupakan mekanis yang tentu cukup lambat dibandingkan digital (Bandwidth). Untuk mengatasi hal itu, diperlukan main memory yang dikenal dengan sebutan RAM. Dengan RAM, maka Processor tidak perlu menunggu kiriman data dari HDD.
Faktor-faktor pentingnya RAM



• Type menerangkan jenis (variasi) RAM berdasarkan teknologi yang digunakannya, seperti SDRAM, DDR atau DDR2.
• Capacity menerangkan seberapa besar kapasitas penyimpanan data RAM dalam satuan Gigabyte (GB) atau Megabyte (MB).
• FSB (singkatan dari Front Side Bus), yaitu besar jalur data antara Processor dam RAM dalam satuan Megahertz.
• Fungsi, menerangkan fungsi dari RAM.
• Bandwith merupakan besarnya data yang dapat ditransfer atau diolah dalam waktu satu detik (satuan MB/s atau Megabyte per-secon).
• Jumlah IC menerangkan berapa banyak chip (IC) yg dipasang pada module RAM. Semakin sedikit jumlah IC-nya, semakin tinggi densitas (kapasitas per-IC).

Demikian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf bila masih terdapat banyak kesalahan. Semoga bermanfaat.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar